Home Kesehatan

RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek Siapkan Fasilitas Khusus Pasien Covid-19

472
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Bandar Lampung - Dalam penanganan Virus Covid-19, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H. Abdul Moeloek mempersiapkan fasilitas khusus untuk pasien yang terjangkit wabah virus tersebut, hal ini disampaikan oleh, dr.Mars Dwi Tjahjo, Sp.U selaku Wakil direktur Keperawatan pelayanan dan penunjak medic,saat ditemui diruang aula rapat. Jum’at (5/2/2021).

“Memang Virus Covid 19 ini adalah bencana artinya sesuatu yang tidak terduga terjadi, dan memang sudah hampir satu tahun dari bulan maret 2020,” katanya. 

Ia menjelaskan, sebagai rumah sakit umum rujukan Provinsi Lampung, RSUD Abdul Moeloek menerima jumlah pasien yang paling tinggi di banding rumah sakit lain, dengan begitu pihak RSUD Abdul Moeloek telah menyediakan fasilitas khusus bagi pasien Covid 19. 

RSUD Abdul Moeloek, membagi wilayah menjadi dua zona, yaitu zona covid 19 dan zona non covid.

"Kami harus menyediakan, fasilitas untuk penanganan covid semaksimal mungkin, kami membagi rumah sakit ini, menjadi dua zona, zona covid dan non covid,” ujarnya. 

Iya menjelaskan, zona covid adalah semua fasilitas yang ada didalamnya di fungsikan untuk menangani pasien yang terkena Virus Covid 19, seperti Poliklinik covid, UGD covid, ruang Icu / ruang isolasi khusus pasien Covid 19.

“Di zona covid 19 Poliklinik covid, untuk UGD kita siapkan UGD covid, kita siapkan ruang rawat untuk covid, yaitu ruangan isolasi, ruang isolasi juga bertingkat,” jelasnya. 

Iya meneruskan, RSUD Abdul Moeloek juga menyediakan ruang ICU khusus Pasien covid 19, dengan pembagian ICU dewasa, anak, dan ICU bayi. 

“Total jumlah tempat tidur yang sekarang untuk covid itu dari 102 ditambah 28 kemarin, jadi tempat tidur khusus untuk covid 130 tempat tidur dan 10 ruang icu, 6 icu dewasa 2 icu anak 2 icu bayi,” jelasnya.

Untuk pasien sendiri, saat ini mencapai rata-rata 80 sampai 90 persen. Rata rata pasien yang terkena Virus Covid 19 juga disertai dengan penyakit lain seperti kencing manis, jantung, darah tinggi dan ginjal.

“Kalau untuk kesembuhannya lumayan tinggi tapi yang meninggal juga banyak, karena biasannya meninggalnya lebih karena factor komorbit misalnya kencing manis, jantung, darah tinggi ginjal jadi datang dengan covid tapi dengan penyakit lain itu yang memberatkan dia,” ungkapnya. 

Dirinya berharap, kepada seluruh pegawai RSUD Abdul Moeloek menggunakan APD lengkap yang telah disediakan sebelum menerima pasien baik covid atau pasien non covid. 

“Kita siapkan APD lengkap, terutama di UGD sebab kadang-kadang selip tau-tau pasiennya covid,intinya para petugas harus lebih teliti,” katanya.  (Tim)