Home Pemerintahan Daerah

Sadar, Puluhan Warga Mampu Di Pesawaran, Mundur Dari PKH

436
0
SHARE

Handalnews.id, Pesawaran - Puluhan warga di Kabupaten Pesawaran mengundurkan diri sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH). Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran Yulizar, saat ditemui Kupas Tuntas, Rabu (28/8/19).

"Ya, menurut data kita ada sekitar 25 KPM yang mengundurkan diri dan mengembalikan kartu PKH kepada kita, karena mereka sudah merasa mampu," ungkapnya. 

Menurutnya, ada sejumlah kriteria yang bisa mengugurkan masyarakat untuk mendapatkan PKH.

"Ada tiga syarat yang bisa mengugurkan PKH yang pertama dia mengundurkan diri, yang kedua sudah tidak memiliki komponen PKH dan yang ketiga berdasarkan hasil pengamatan yang kita lakukan," ujarnya. 

"Dan kalau sudah dipulangkan, nanti kartu PKH dan buku rekening harus dipulangkan dan akan kita laporkan kepada Pemerintah pusat agar dihapus dari data," timpalnya. 

Ditambahkannya, jika diketahui ada yang memanipulasi data masyarakat tidak mampu itu bisa dikenakan pidana.

"Kalau ada yang membohongi data orang miskin ini sama saja dia membunuh warga kurang mampu, karena haknya diambil orang, sedangkan tujuan bantuan ini kan jelas di peruntukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu," tambahnya. 

Ia pun menjelaskan, bahwa saat ini peran Pemerintahan desa terhadap pendistribusian bantuan sosial sangat penting.

"Saat ini Desa itu harus ada Basis Data Terpadu (BDT) tapi desa terkadang alasan tidak punya anggaran, padahal saya sendiri sudah berkonsultasi dengan BPK, jika desa ini bisa menganggarkan untuk pendataan dengan program Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Musyawarah Desa (Musdes)," jelasnya. 

Ia pun berencana akan melakukan random sampling terhadap KPM untuk membuka pola pikir masyarakat terkait bantuan sosial tersebut.

"Saya memang sudah sampaikan kepada jajaran saya dan Koordinator PKH, saya akan turun kebawah untuk berinteraksi dengan setidaknya tiga kelompok KPM, untuk mensosialisasikan dan pembinaan terhadap KPM yang mendapatkan PKH mengenai teknis dan mekanisme penerimaan PKH," tutupnya. (Ismail