Home Lampung Selatan Pendidikan

Satu Hari Belajar Luar Kelas, SMPN Satu Atap 1 Jati Agung Peringati Hari Anak Internasional

74
0
SHARE

Poto Dok: Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - SMPN Satu Atap 1 Jati Agung Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Memperingati Hari Anak Internasional dengan menyelenggarakan kegiatan sehari diluar kelas. 

Marsudi, Selaku kepala sekolah setempat ketika ditemui saat kegiatan sedang berlangsung (07/11) mengatakan jika kegiatan satu hari belajar diluar kelas  dilaksanakan sesuai dengan surat edaran dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, dilaksanakan tepat pada tanggal kamis 7 November 2019.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap anak didik SMPN Satu Atap 1 Jati Agung," katanya. 

Dia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan meliputi, menyambut siswa dengan 3s (senyum, sapa dan salam), dengan rangkaian kegiatan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Cuci tangan sebelum makan, berdoa bersama sebelum makan, sarapan sehat bersama yang disiapkan oleh orang tua, berdoa bersama setelah makan, cuci tangan setelah makan, memeriksa lingkungan sekolah dan menyingkirkan hal-hal yang membahayakan orang lain, mematikan lampu peralatan berat lainnya dan mematikan kran air yang terbuka, membaca buku diluar kelas, simulasi evakuasi bencana alam, senam Germas, bermain permainan tradisional, tepuk hak anak dari yel-yel sekolah ramah anak, deklarasi sekolah ramah anak, pelantikan tim sekolah ramah anak, dan penutupan dengan menyanyikan lagu maju tak gentar.

"Terdapat 17 kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan satu hari diluar kelas, kegiatan tersebut belangsung hingga pukul 10:00," ujarnya.

"Ini adalah moment yang sangat tepat untuk menunjukan loyalitas kita terhadap anak peserta didik, dedikasi kita dalam rangka mendidik anak-anak yang memang menjadi tanggung jawab kita dalam satuan pendidikan. Saya melihat anak-anak sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiataan yang di pandu oleh wali kelas," katanya.

Marsudi juga berharap, dengan adanya penyelenggaraan satu belajar diluar kelas dalam memperingati hari anak internasional tersebut dapat membentuk karakter siswa, dapat memberikan momentum yang baik dalam menjaga persatuan dan kesatuan antar siswa, dan dapat memberikan motivasi yang lebih terhadap siswa dalam menimba ilmu pendidikan," ungkapnya. (Rizal)