Home Lampung Tengah Pendidikan

SDN 4 Sendang Asih Tetap Perhatikan Protokol Kesehatan

29
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamteng - Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di masa new normal, pihak Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Sendang Asih Kecamatan Sendang Agung, Lampung Tengah, menerapkan skema pembelajaran dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Kepala SD Negeri 4 Sendang Asih, Ana  Suwartini ,S .Pd I, mengatakan jika penerapan proses belajar mengajar yang dilaksanakan secara jarak jauh dengan skema dalam jaringan dan luar jaringan yang dicanangkan oleh pemerintah daerah dan pusat merupakan suatu upaya preventif yang cukup relevan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 pada sektor pendidikan, hingga kondisi memungkinkan untuk belajar seperti biasa.

“Perkara Virus Corona ini kita semua tidak bisa anggap sepele, saya sendiri tidak mau jika siswa yang merupakan generasi penerus bangsa sampai terpapar virus mematikan tersebut. Untuk itu, sesuai dengan inturuksi pemerintah, saat ini pembelajaran langsung dialihkan dengan mekanisme dalam jaringan. Namun karena tidak semua siswa memilik handphone, kami berlakukan juga mekanisme pembelajaran luar jaringan, sambil menunggu instruksi selanjutnya dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai panduan belajar dan untuk menambah minat belajar siswa dirumah, seluruh siswa juga diberikan pinjaman buku cetak perpustakaan selama satu tahun kedepan, tiap mata pelajaran siswa diberikan satu buku cetaknya.

“Sebagai contoh implementasinya dewan guru tinggal memberikan informasi via Whatsap group perkelas, mata pelajaran apa atau halaman berapa mesti dibaca, dipelajari dan dipahami,” urainya.

Selain itu, Ana Suwartini, S.PdI, juga menyampaikan jika untuk menjaga keamanan, kedisiplinan, serta kebersihan di SDN 4 Sendang Asih, dewan guru beserta staff tata usaha tetap melaksanakan piket harian di sekolah.

“Sejauh ini semua berjalan dengan baik, dewan guru dan staff tata usaha di sekolah ini juga layak di apresiasi atas loyalitas dan kekompakannya dalam menghadapi masa pandemi ini, mengenai kendala-kendala yang ada, bisa diatasi secara bersama,” imbuh dia lagi.

Ana berharap jiwa Insan cendekia tetap melekat pada seluruh jajaran dewan guru dan staff untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa. 
Dia juga menjelaskan kalau untuk siswa kelas 1 yang baru mendaftar, pihak dewan guru mendatangi satu persatu ke rumah siswa masing-masing untuk memberikan pelajaran secara langsung.

Dia menerangkan jika setelah sekian lama, kegiatan belajar mengajar mengunakan sistem online, saat ini siswa mulai masuk sekolah namun dengan cara masuk pagi dan siang, serta tidak ada jam istrahat.

Iya meneruskan, untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang baik dan memenuhi protokol kesehatan, pihak sekolah saat ini sedang melakukan pelatihan tatacara penyambutan siswa disekolah. 
Ia menjelaskan, seperti setiap siswa yang hadir musti di cek suhu tubuhnya, melakukan cuci tangan dan menggunakan masker.

“Untuk mewujudkan KBM yang baik dan terhindar dari Virus Corona, saat ini pihak sekolah sedang melakukan simulasi penyambutan siswa, menggunakan Protokol kesehatan,” katanya.

Selain itu, dalam hal ini, pihak sekolah juga sudah melakukan musyawarah terhadap wali murid, tetang sistem KBM di sekolah.

“Sebelumnya kita sudah melakukan musyawarah kepada wali murid sebab kami juga tidak mau kesalahan,” katanya. (Iron Guna)