Home Lampung Tengah Hukum

Sebanyak 18 Pelaku Pengeroyokan Anggota Polisi Diamankan

160
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Sebanyak 18 terduga pelaku pengeroyokan anggota Shabara Polres Lampung Timur (Lamtim), Ahmad Jamhari, berhasil diamankan tim Tekab 308 Polda Lampung bersama Polres Lampung Tengah (Lamteng). 

Dikatakan Kapolres Lamteng, AKBP I Made Rasma, saat ekspost media yang berlangsung di halaman Satreskrim Polres setempat, Rabu (5/2/2020), terjadinya tindak kekerasan yang mengakibatkan korban Ahmad Jamhari meninggal dunia, yang dilakukan oleh sekelompok warga di Jalur Lintas Pantai Timur (Jalinpantim), Kampung Sanggar Buana Kecatan Seputih Banyak Lamteng, Senin (03/02/2020) lalu, sekira pukul 02.15 Wib. dini hari. 

Awalnya korban Ahmad Jamhari, sekitar pukuk 02.15 Wib. berada di lokasi kejadian, yang diduga dalam keadaan mabuk minunan alkohol, karena tidak jauh dari lokasi kejadian, sedang ada hiburan orgen tunggal. Dalam keadaan mabuk, korban berteriak-teriak di jalan raya dengan memegang sebilah senjata tajam, menghentikan semua warga yang melintas. 

Dalam keadaan panik dan ketakutan, warga mencoba menghentikan prilaku korban dengan cara melempar batu, kayu dan botol yang ada di lokasi. Setelah korban jatuh, sejumlah warga lainya ikut menyerang, hingga korban dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian. 

Melihat kejadian itu, sekitar pukul 03.00 wib., ada beberapa warga yang melapor ke Polsek Seputihbanyak, anggota Polsek Seputihbanyak langsung menuju ke TKP, setiba di lokasi korban Ahmad Jamhari telah tergeletak, dengan dibantu aparat pamong kampung setempat, aparat melakukan pengamanan lokasi. 

Oleh anggota, korban dibawa ke Puskesmas Seputihbanyak untuk dilakukan pertolongan medis, namun korban dinyatakan telah meninggal dunia. Selanjutnya jenazah korban dikirim ke RS Bhayangkara Polda Lampung, untuk dilakukan visum.  

Kapolres berkoordinasi dengan Polda Lampung dan di backup oleh Dirkrimum Polda Lampung, selanjutnya menurunkan tim Resmob Polda Lampung, bersama tim Tekab 308 Polres Lamteng serta anggota Polsek Seputihbanyak. 

Tim bergerak melakukan olah TKP, mengumpulkan barang bukti dan  melakukan pengejaran terhadap para pelaku, dan akhirnya berhasil menangkap 18 orang. Ke 18 pelaku tersebut,  yang diamankan pada hari Senin (03/02), yaitu 14 orang ditangkap di rumah masing-masing, 4 orang menyerahkan diri dan 2 orang dinyatakan buron. 

Selanjutnya, imbuh Kapolres, para pelaku ini akan dijerat dengan pasal 170 ayat 2 dan ayat 3 KUHPidana dengan ancaman 12 tahun penjara. Dan saat ini, para tersangka berikut barang bukti telah diamankan di Mapolres Lamteng. (Gun)