Home Lampung Selatan Pemerintahan Daerah

Sekretariat DPRD Lamsel Laksanakan Tugas Dan Fungsi sesuai Perbup No.07 Tahun 2007

101
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Selatan - Dalam menjalankan tugas dan fungsi sehari hari,seluruh pegawai di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan, berpedoman kepada Peraturan Bupati Nomor 07 Tahun 2017.

Kata Drs.Syamsurijal selaku Sekretaris Dewan (Sekwan), Menyampaikan, Sebagai seorang Abdi Negara memang sudah menjadi suatu keharusan untuk taat akan peraturan. "Seluruh pegawai di Sekretariat DPRD Lampung Selatan, dalam menjalankan Tugas dan Fungsinya harus berpedoman kepada Peraturan Bupati Nomor 07 tahun 2007",tegasnya.

Dia juga menjelaskan, Dalam isi peraturan perbup tersebut untuk struktural organisasi Sekretariat DPRD Lampung Selatan terbagi menjadi 4 penjabat Kepala Bagian dan 8 Sub Bagian. "seluruh penjabat dari Sub bagian hingga tingkat Kepala Bagian mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda-beda sesuai yang sudah ada di aturan perbup tersebut",ucapnnya.

Syamsurijal juga menerangkan, Perlu diketahui sebagai sekwan, saya juga menjalankan tugas dan fungsi.

Seperti tugas pokok sebagai sekwan ialah, memimpin Sekretariat DPRD dalam rangka membantu Pimpinan DPRD dalam melaksanakan tugas kegiatan penyelenggaraan sidang-sidang, urusan rumah tangga dan pelaksanaan tata usaha DPRD Kabupaten.

Untuk rincian tugasnya meliputi, 1. Mempersiapkan program dan kebijakan dibidang Sekretariat DPRD dalam rangka pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas pokok, Fungsi dan kewenangan Sekretariat DPRD.

2.Memimpin, membina, mengkoordinasikan, memantau dan mengendalikan pelaksanaan program dan kebijakan dibidang Sekretariat DPRD agar sesuai dengan perencanaan yang tclah ditentukan.

3. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dengan dinas instansi terkait dalam bidang Sekretariat DPRD, agar terjadi kesarnaan persepsi dan kesatuan langkah dan gerak dalam pe1aksanaan pembangunan.

4. Mempe1ajari peraturan perundang-undangan yang sekretariat DPRD, sebagai acuan pelaksanaan tugas; berhubungan dengan

5. Mengkoordinir staf terhadap segala kegiatan yang dilaksanakan oleh Sekretariat DPRD.

6. Merencanakan dalam arti menyiapkan rencana mengolah dan menelaah serta mengkoordinasikan perumusan kebijaksanaan pimpinan DPRD dan atau alat-alat kelengkapan dewan.

7.Melakukan pembinaan administratif dalam arti membina urusan tata usaha, mengelola dan membina kepegawaian, mengelola keuangan dan perbekalan serta peme1iharaan dan pembinaan ketertiban dan keamanan DPRD.

8. Menyelenggarakan persidangan dan pembuatan risalah rapat yang diselenggarakan oleh DPRD.
1. Membuat laporan serta evaluasi atas kegiatan sekretariat DPRD dalam setiap tahun kegiatan.

9. Membagi habis tugas kegiatan Sekretariat DPRD dibidang teknis dan adtninistrasi kepada bawahan dilingkungan Sekretariat DPRD, agar setiap aparatur yang berada dilingkungan Sekretariat DPRD mempunyai dan memahami beban tugas dan tanggungjawabnya masing-masing.

10. Memheri petunjuk teknis dan pengarahan serta bimbingan kepada bawahan tentang pelaksanaan tugas, untuk menghindari terjadinya penyirupangan dalam pelaksanaan tugas.
11. Memberikan usulan dan pertimbangan kepada Bupati tentang langkab-langkab dan kebijaksanaan yang akan diambil dibidang pendidikan dan pelatihan kerja.

12. Menilai aktivitas, kreativitas dan produktivitas pelaksanaan tugas dan bawahan.

13. Membuat laporan kepada atasan sebagai masukan untuk dijadikan bahan pertimbangan lebih lanjut.

14. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan, untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Terakhir dia berharap, kepada seluruh pegawai di Sekretariat DPRD untuk terus mematuhi segala macam Peraturan yang sudah diada.(*)