Home Lampung Tengah Pariwara

Selundupkan HP Dalam BH, Pengunjung Lapas Gunungsugih diberi Sanksi

245
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Berniat menyelundupkan Hand Phone (HP) ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), yang akan diberikan kepada tahanan, Farida, warga Kampung Gunungbatin Udik, Kecamatan Terusan Nunyai, Lampung Tengah (Lamteng), terpaksa diberikan sangsi.

Kronologis kejadiannya, Petugas Lapas Kelas III Gunungsugih, Dewi Ayu Pertiwi, berhasil mengagalkan HP yang dilakukan oleh pelaku, saat hendak mengunjungi anak kandungnya berinisial PNJ, yang merupakan tahanan kasus kriminal.

Phonsel tersebut disimpan di pakaian dalam (BH) pelaku, saat hendak mengunjungi anaknya, namun berkat ketelitian petugas dalam pemeriksaan dan penggeledahan wanita pengunjung, akhirnya usaha tersebut dapat digagalkan.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/12/2019, Kepala Lapas (Kalapas) Gunungsugih, Syarpani, kepada sejumlah awak media mengatakan, kejadian hal serupa bukan untuk yang pertama kalinya, sebelumnya juga beberapa kali terjadi, namun selalu berhasil digagalkan petugas.

Karena dirinya selalu berpesan pada petugas jaga, untuk melakukan pemeriksaan secara detail dan sesuai prosedur, kepada setiap pengunjung, sehingga berbagai macam celah yang dimanfaatkan pengunjung dapat dicegah dan di minimalisir.

"Modus seperti itu memang sering dilakukan pengunjung, karena merasa dianggap aman, tapi saya selalu menegaskan, agar pemeriksaan selalu dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), karena bisa jadi pengunjung memanfaatkan berbagai hal, untuk menyelundupkan barang ke dalam Lapas," jelasnya.

Ditambahkan Syarpani, siapapun yang masuk ke dalam Lapas, baik petugas atau pengunjung, semuanya akan dilakukan pemrriksaan oleh petugas. Termasuk makanan dan minuman juga tak luput dari pemeriksaan, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Semua kami periksa, kami selalu berkomitmen menjaga Lapas tetap aman dan kondusif. Kita sudah siapkan sarana komunikasi dalam Lapas berupa Wartel Khusus Pemasyarakatan," kata Syarpani.

Kembali ditegaskannya, pihak Lapas akan memberikan sanksi bagi siapa saja yang tidak taat aturan. "Kami larang berkunjung bagi yang tidak mengindahkan aturan, tolong masyarakat dukung kami, patuhi aturan," kata dia.

Seperti diketahui, pemeriksaan dan penggeledahan tidak hanya dilakukan kepada pengunjung, beberapa hari sebelumnya, juga telah dilakukan razia pada seluruh kamar hunian, dengan melibatkan petugas gabungan Lapas bersama Sat Narkoba Polres Lamteng. (Gun/ fazri)