Home Mesuji Politik

Sengketa Lahan Register Mesuji, Bustami Janji Selesaikan

112
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Mesuji - Kunjungan kerja Dewan Perwakilan Daerah Republik indonesia ( DPD-RI) Hi. Bustami Zainudin S.Pd., MH ke Desa Sido Mulyo, Kecamatan Mesuji,Kabupaten Mesuji, dalam rangka menyelesaikan sengketa lahan register, disambut bahagia oleh masyarakat setempat. Selasa,05/08.

Dalam sambutannya, Bustami berjanji akan siap membantu menyelesaikan sengketa lahan register Mesuji yang dianggap selalu memakan korban. "Dengan pengalaman saya saat menjabat Bupati Waykanan banyak permasalahan-permasalahan lahan antara perusahaan dengan masyarakat bisa saya selesaikan dengan baik. Maka insya Allah kehadiran saya dapat juga menyelesaikan permasalahan Di Mesuji". Ungkapnya.

Dia juga menambahkan, masyarakat harus selalu berfikir positif, kedewasaan sebagai masyarakat harus selalu kita tanamkan. Gunanya untuk menunjang pikiran positif. “mari bersama-sama menjaga kekondusifan agar kita hidup dalam ketenangan dan kenyamanan”,katanya.

Lain sisi, Kepala Marga adat Mesuji Drs.Hi. Hairi Sinugan Gelar Pangeran sempurna yang ditemani Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Komite Anti Korupsi Indnesia (LSM -KAKI) Ismail Di kantornya, mengungkapkan, Kami hanya ingin pemerintah dapat menyelesaikan konflik selama ini yakni lahan adat dan lahan register 45 yang selalu memakan korban. Kalau bukan Pemerintah Pusat dan pemerintah setempat yang menyelesaikan maka tak ada yang bisa menyelesaikan perkara ini. Jelasnya

Lanjutnya, bilamana sengketa lahan Di Mesuji dapat diselesaikan maka masyarakat bisa bertani dan berkebun dengan tenang tanpa ada rasa was-was, dengan begitu ada harapan masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup yang layak. Kami masyarakat ini tidak banyak tuntutan kepada pemerintah, cukup beri kami lahan tempat mencari makan, kami bisa tidur nyeyak,dan hidup damai dengan alam.

“Selama ini para petani Mesuji berharap lahan register 45 supaya tidak ada lagi permasalahan dengan perusahaan-perusahan swasta yang ada di kabupaten setempat seperti PT. Silva, PT. SIP”,jabarnya.

Akhir kata, Atas dasar surat-surat yang dimiliki para tokoh masyarakat atau adat jelas bahwa lahan register tersebut adalah milik masyarakat ulayat mesuji yang saat ini dikuasai sebagian oleh perusahan-perusahaan swasta yang ada. (Busri)