Home Lampung Tengah Pariwara

Siswa MA Ma'arif Kotagajah Antusias Donorkan Darah

367
0
SHARE

Handalnews.id, Lampung Tengah - Tak dinyana, ternyata animo siswa Madrasah Aliyah (MA) Ma'arif Kotagajah, Lampung Tengah (Lamteng), untuk turut mendonorkan darahnya juga cukup tinggi.

Hal ini terbukti, pada kegiatan bhakti sosial (Baksos) yang diadakan oleh Komunitas Sosial Lintas Masyarakat (KOS-5) Lamteng, di sekolah setempat, Rabu (6/11/2019). Sebanyak 81 kantong darah, berhasil didapat dari donor para guru dan siswa.

Seperti dikatakan pengurus paguyuban KOS-5, Endink, yang ditemui disela-sela kegiatan tersebut, antusias para guru dan siswa untuk mendonorkan darah, ternyata sangat tinggi. Terbukti, kantong darah yang disiapkan oleh panitia tidak mencukupi.

"Luar biasa mas, kita hanya menyiapkan 81 kantung darah, sementara pendaftarnya mencapai 90 lebih," kata Endink.

Sebelum dilakukan pengambilan darah, seperti biasa pasien atau peserta pendonor, terlebih dulu diperiksa kesehatannya, mulai dari tensi darah, ukuran HB dan berat badan. Sehingga dari sejumlah pendaftar sebanyak 90 orang, ada 9 orang yang tidak dapat diambil darahnya, karena beberapa pertimbangan kesehatan.

Kegiatan yang dilangsungkan di halaman sekolah, dimulai pada pukul 08.30 wib., dan baru berakhir sekitar 13.15 wib. Untuk kegiatan donor darah di sekolah ini, adalah yang pertama kalinya, namun sebagian besar siswanya telah melakukan donor dua kali, yang sebelumnya dilaksanakan di sekolah lain, pada 15 Agust 2019 lalu.

Sementara Wakil Kepala (Waka) Bidang Kesiswaan, Anita menyatakan, bahwa kegiatan ini sangat bagus. Ia berharap sekolahnya dapat jadi pionir disekolah yang ada di Kotagajah.

"Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini, semoga bisa dirutinkan. Karena selain dapat membantu sesama, juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan peserta pendonor," ujar Anita. (Gun)