Home Lampung Tengah Pendidikan

Siswa SMAN 1 Gunungsugih Antusias Ikuti Penyuluhan Narkoba

108
0
SHARE

Handalnews.id, Lampung Tengah - Para siswa kelas X dan XI SMAN 1 Gunungsugih, Lampung Tengah (Lamteng), terlihat antusias mengikuti penyuluhan anti Narkotika dan Obat-obatan Terlarang (Narkoba), yang diadakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Lamteng.

Dikatakan Wakil Kepala (Waka) Bidang Humas SMAN 1 Gunungsugih, Drs. Rusli, sosialisasi ini penting disampaikan kepada siswa, mengingat para siswa setingkat SLTA, yang notabene berusia belasan tahun, sangat rentan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba.

"Penting, sangat penting kita sampaikan kepada siswa, tentang bahaya narkoba dan dampak yang ditimbulkannya. Karena bila telah terjebak dalam pemakaian barang itu, semuanya akan berantakan, termasuk masa depan mereka (siswa)," ujar Rusli, Selasa (13/8/2019).

Terlebih lagi, imbuhnya, saat ini keberadaan narkoba sudah sangat mengkhawatirkan, karena peredarannya telah merambah ke semua lini, dengan menjerat semua kalangan usia. Sehingga hampir tak ada lokasi yang luput dari tebaran barang haram ini.

"Ya seperti yang kita tahu, peredaran narkoba sekarang sudah sampai ke kampung-kampung, korbannya juga bukan hanya orang dewasa, anak-anak kecil dan remaja usia sekolah juga ada yang terjerat," jelasnya.

Karenanya, kata Rusli lagi, peran orang tua dalam memperhatikan anak-anaknya sangat penting, terutama saat anak berada di rumah. Keberadaan anak di sekolah hanya sekitar delapan jam, selebihnya si-anak banyak waktunya di rumah.

Sementara Bidang Penindakan dan Pencegahan pada BNNK Lamteng, Bustami HR., S. Sos., MM. mengatakan, pihaknya rutin melakukan penyuluhan di sekolah-sekolah, guna memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba, sekaligus juga cara menghindarinya.

"Kami rutin melaksanakan kegiatan seperti, kita berikan pemahaman seputar bahaya narkoba dan efek yang ditimbulkannya. Dan kami dari BNNK hanya melakukan sosialisasi dan pencegahan, bukan pada penindakan hukum," katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Laboratorium (Lab) sekolah setempat, berlangsung selama dua hari, yaitu Selasa dan Rabu (13-14/8/2019).

Hadiri dalam acara itu, staf ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Peningkatan SDM, Syahreza, SH., MM., Ketua Pelaksana Harian BNK, Barmawi, S. Sos., MM., Satres Narkoba Polres Lamteng, dan Dinas Kesehatan Lamteng. (Gun)