Home Lampung Tengah Pendidikan

SMAN 1 Kotagajah Potong 4 Sapi Qurban

200
0
SHARE

Handalnews.id, Lampung Tengah - Pada hari raya Idul Adha 1440 H.-2019 M., SMAN 1 Kotagajah, Lampung Tengah (Lamteng), hari ini Selasa (13/8/2019), memotong sebanyak empat ekor sapi qurban.

Dikatakan Kepala SMAN 1 Kotagajah, Dasiyo Priambodo, S.Pd, M.Pd., seperti tahun-tahun sebelumnya, di sekolahnya selalu melakukan pemotongan hewan qurban, dan telah menjadi agenda rutin tahunan.

"Sebagai bentuk pembelajaran kepada siswa, kami selalu melakukan pemotongan hewan qurban. Kegiatan ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu," ujarnya, Selasa (13/8/2019).

Ditambahkan Dasiyo, pemotongan hewan qurban ini dilakukan pada hari tasyrik kedua (hari ke 12 bulan Zulhijjah), yang dilaksanakan di halaman belakang sekolah, dengan disaksikan para dewan guru dan seluruh siswa.

Empat ekor sapi ini adalah qurban dari guru dan siswa, masing-masing dua ekor atasnama guru dan staf Tata Usaha (TU) sebanyak 14 orang, yang pembeliannya hasil tabungan selama satu tahun.

Sedangkan dua ekor lainnya atasnama siswa, yang pembeliannya diambilkan dari dana kas kegiatan ekstra kurikuler (Ekskul) Rohani Islam (Rohis) sekolah.

"Pentingnya pemotongan hewan qurban di sekolah, untuk menanamkan jiwa ikhlas berkorban pada siswa, sekaligus juga berbagi kepada sesama, serta peduli pada kaum atau masyarakat yang kurang mampu," ujar Dasiyo.

Usai dilakukan pemotongan, daging qurban tersebut langsung dibagikan kepada para siswa, guru dan staf TU juga warga sekitar lingkungan sekolah. Semua terlihat gembira dan senang, pada hari berbagi itu. (Gun)