Home Lampung Tengah Pendidikan

SMKN 2 Terbanggibesar Jadi Sekolah Unggulan di Lamteng

535
0
SHARE
Kepala SMKN 2 Terbanggibesar, Yos Devera, S.Pd. MM., (Foto dok : Handalnews.id)

Handalnews.id, Lampung Tengah - Dari 11 SMK Negeri yang ada di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), SMKN 2 Terbanggibesar menjadi sekolah unggulan, yang banyak dicari oleh para siswa dan masyarakat.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa baru, yang mendaftar pada sekolah ini setiap tahun ajaran baru, cenderung meningkat setiap tahun. Ada beberapa alasan, yang menarik minat para calon siswa, untuk bergabung pada sekolah ini.

Dikatakan Kepala SMKN 2 Terbanggibesar, Yos Devera, S.Pd. MM., saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/7/2019). Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020, di sekolah ini menerima sebanyak 596 siswa baru, yang terbagi dalam 19 rombong belajar (Rombel).

Siswa yg diterima di sekolah ini hanya melalui satu jalur, yaitu jalur reguler (tes) umum. Tidak ada jalur lain, seperti jalur prestasi atau jalur khusus lainnya, karena di sekolah ini diterapkan aturan yang sama, tidak membedakan calon siswa dengan kriteria khusus.

"Semua siswa yang kami terima di sekolah ini, hanya melalui satu jalur, yaitu jalur reguler atau tes umum. Tidak ada jalur lain atau khusus," jelas Yos Devera.

Dimbahkannya, saat ini seluruh siswa baru sedang menjalani program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), yang berlangsung selama 10 hari. Selama dalam 10 hari tersebut, terbagi 4 hari untuk MPLS dan 6 hari untuk penguatan pendidikan karakter.

Selama masa MPLS, para siswa baru mendapatkan materi pembekalan, yang diberikan oleh pihak TNI AU dari Pangkalan M. Bun Yamin, Polres Lamteng dan Dinas Kesehatan. Dan siswa baru tersebut, baru akan aktif belajar pada awal bulan Agustus 2019 mendatang.

Masih kata Yos Devera, penentuan jurusan yang diminati oleh siswa, siswa tersebut sendiri yang memilih, berdasarkan keinginannya. "Siswanya sendiri yang memilih jurusan, sesuai dengan pilihannya. Bukan guru atau pihak sekolah yang menentukan," ujarnya.

Masih kata Yos Devera, di sekolah ini ada 8 paket keahlian, diantaranya Teknik Mesin, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Geomatika, Bisni Properti dan Konstruksi, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Multimedia.

Peminat tertinggi dalam 8 paket keahlian tersebut, yang banyak dipilih oleh siswa, yaitu keahlian jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, peminat tertinggi kedua yaitu Teknik Mesin, lalu disusul jurusan yang lain.

Jumlah keseluruhan siswa SMKN 2 Terbanggibesar saat ini, berjumlah 1.619 siswa, yang terbagi dalam 52 Rombel. Pola pembelajaran, yang diterapkan di sekolah ini dengan mengutamakan disiplinan, keimanan dan ketaqwaan (imtaq), disamping keilmuan ilmiah dan karakter lainnya. (Gun)