Home Lampung Tengah Pendidikan

SMKN 2 Terbanggibesar Lakukan Pemetaan Untuk Mengetahui Minat Siswa

120
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Untuk mengetahui kemana arah siswa, saat mereka tamat dari sekolah, pihak SMKN 2 Terbanggi Besar akan melakukan pemetaan, sesuai minat dan kemampuan siswa. 

Dikatakan Kepala SMKN 2 Terbanggi Besar, Ali Rosad, S.Pd., yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/7/2020). Pemetaan minat siswa akan dilakukan kepada siswa kelas X pada semester genap, yang dilaksanakan mulai tahun pelajaran (TP) 2020/2021 ini. 

"Untuk mengetahui kemana minat siswa, kami akan melakukan pemetaan minat siswa, yang dilaksanakan pada semester 2 (dua). Dari sana akan diketahui kemana tujuan mereka, apakah akan kuliah atau langsung kerja," ujar Ali Rosad. 

Ditambahkannya, setelah usai dilakukan pemetaan, selanjutnya pihak sekolah akan memanggil orang tua siswa, untuk diberikan penjelasan tentang minat anaknya, sekaligus diarahkan ke jalur yang sesuai dengan arah minat masing-masing siswa. 

Bagi siswa yang tidak melanjutkan kuliah ke universitas, pihak sekolah juga telah mempersiapkan siswa yang siap kerja, sesuai kejuruan (bidang keahlian) masing-masing. Dengan begitu, baik siswa bersama orang tuanya, telah mengetahui dan berfikir mantap tentang kelanjutannya kedepan. 

"Nanti akan kami sampaikan kepada para orang tua siswa, agar anak-anaknya diarahkan sesuai minatnya. Apakah siswa akan melanjutkan kuliah di universitas umum, ke akademi atau mau langsung kerja, orang tua tinggal mengarahkannya," jelas Ali Rosad. 

Pada prinsipnya, imbuh Ali Rosad, sekolah hanya memberikan pendidikan dan keahlian, sesuai bidang yang dimiliki siswa, disamping itu, dorongan orang tua juga menentukan kemana arah putra-putrinya hingga sukses. 

Disinggung tentang kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi calon siswa kelas X, yang rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin-Rabu tanggal 13-15 Juli 2020 mendatang. Kegiatan MPLS tetap dilaksanakan, namun mengacu pada Protokol Covid-19. 

"Ya MPLS tetap dilaksanakan, tapi mengacu pada Protokol Covid-19, siswa diharuskan memakai masker, cuci tangan sebelum dan setelah kegiatan, serta selalu menjaga jarak satu sama lain. Rencana kegiatan tetap dilaksanakan, sambil menunggu keputusan selanjutnya," pungkas Ali Rosad. (Gun)