Home Lampung Selatan Pendidikan

SMPN 1 Sidomulyo Mengimplementasikan Kurikulum Kemaritiman.

141
0
SHARE
Foto dok: HandalNews.id

HandalNews.id, SIDOMULYO - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, merupakan Satu - Satunya SMP di Provinsi Lampung yang di pilih untuk mengimplementasikan Kurikulum Kemaritiman oleh Kementrian Kelautan Republik Indonesia. 


Sri Wahyuni, Selaku Kepala Sekolah ketika diwawancarai di kantornya pekan lalu menjelaskan, pada tahun 2018, Kementrian Kelautan menunjuk SMPN 1 Sidomulyo mengikuti Diklat Kurikulum Kemaritiman Di Makasar. 

"Pada tahun 2018 Kita ditunjuk Kementrian Kelautan untuk mengikuti Diklat Kurikulum Kemaritiman di Makasar setelah itu SMPN 1 Sidomulyo setelah mengikuti Diklat sesuai dengan rencana tidak lanjut yang telah disusun sekolah lalu mengimplementasikan Kurikulum Kemaritiman," jelasnya. 

Tujuan dari Mengimplementasikan Kurikulum Kemaritiman ialah agar siswa dapat lebih mengenal dan mencintai Laut. 

"Kita di SMPN 1 Sidomulyo mendapatkan tugas untuk lebih mengenalkan tentang Laut, menumbuhkan rasa cinta dan keperdulian untuk menjaga laut kepada para generasi penerus bangsa khusunya siswa yang ada di sini," katanya. 

Ia menjelaskan, implementasi kurikulum kemaritiman dilakukan dengan cara memberikan pemahaman - pemaham tentang laut melalui mata pelajaran yang sudah ada, seperti untuk pelajaran Ilmu Geografis yaitu tentang dampak reklamasi terhadap laut dan biota laut indonesia, pembelajaran Tentang wilayah - wilayah pesisir pantai, dan pekerjaan - pekerjaan yang bisa di lakukan di Laut. Lalu di bidang pelajaran kesenian, dilakukan pembuatan kerajinan tangan yang bisa menjadi soupenir 

dari bahan - bahan dari laut seperti kerang, karang dan lain - lain. 

Dalam pelajaran ilmu Geografi juga dijelaskan tentang keadaan - keadaan laut yang berbahaya untuk di selammi dan yang tidak, dijelaskan juga tentang kadar keasinan air laut, kedalama serta potensi - potensi bahaya yang bisa saja terjadi di laut. 

Tidak sampai disitu, untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap laut, pihak sekolah mengajak siswa untuk selalu bersukur dengan apa yang telah di berikan oleh Laut terhadap manusia. Salah satu caranya ia lah, dengan Program Gemar Ikan, dimana diwajibkan seluruh siswa untuk membawa bekal makanan yang dihasilkan dari laut seperti ikan laut, udang laut, kerang laut dan lain-lain, pada setiap hari sabtu. 

dengan menikmati makanan yang di dapat dari laut maka rasa bersukur dan rasa cinta siswa terhadap laut akan tumbuh.

Selain itu, pihak sekolah juga mengajak para wali murid melalui paguyuban untuk mengadakan Bazar pada saat pembagian laport, wali murid yang di tunjuk untuk melakukan bazar sudah di pilih melalui rapat paguyuban. Bazar yang dijajakan harus yang berhubungan dengan laut seperti makanan - makanan yang dihasilkan dari laut dan souvenir yang dihasilkan dari laut. 

Terakhir setelah rencana tindak lanjut terlaksanan dengan didamping dari pihak Kementrian Kemaritiman, dilakukan evaluasi sejauh mana implementasi Kurikulum Kemaritiman terlaksana. 

 "Kita mempresentasekan kegiatan yang dilakukan dalam waktu satu tahun dengan menunjukan dokumentasi foto dan video kegiatan implementasi Kurikulum Kemaritiman terhadap siswa," jelasnya.  

Tetapi untuk saat ini, semenjak wabah Virus Covid 19 masuk Indonesia Implementasi kurikulum kemaritiman Hanya dilakukan melalui online. 

Dirinya berharap SMPN 1 Sidomulyo dapat membangun miniatur Kapal pinisi beserta miniatur lautnya sebagai tanda cinta terhadap laut. (Rizal)