Home Lampung Selatan Pendidikan

SMPN 2 Jati Agung, Didik Karakter Siswa Melalui Praktek Manasik Haji

161
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Sejumlah  siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, melaksanakan kegiatan praktek manasik haji di Islamic Center Kota Bandar Lampung (15/10).

Kepala sekolah setempat, Retno Widyaningsih, ketika ditemui di Kantornya pekan lalu mengatakan, untuk semester I bidang agama islam siswa kelas sembilan diharuskan mengikuti praktek manasik haji. 

"Dalam praktek tersebut siswa diajarkan tentang tata cara tawaf, sai, melempar jumroh, doa-doa sunah, mulai dari keluar rumah untuk melaksanakan ibadah haji sampai kembali dari Makkah, diberikan pemahaman mana yang (wajib, rukun, sunah, dan haram-red )saat melaksanakan ibadah haji. Selain itu siswa juga diberikan pemahaman tentang kondisi Makkah dan Madinah seperti budaya,  geografis wilayah dan bahasa," jelas Retno.

Dia juga mengatakan jika kegiatan prakter manasik haji bisa menumbuhkan keperdulian dan kecintaan siswa terhadap agama islam sehingga kelak ketika mereka telah dewasa dapat melaksanakan ritual haji. 

"Di era yang sudah modern sekarang ini, banyak generasi-generasi penerus yang justru lebih condong ke arah budaya barat, bermain game online, media sosial dan lainya, hal ini  menjadi tantangan yang besar untuk kita dalam memberikan dan menumbuhkan rasa kecintaan para siswa terhadap agamanya," katanya.

Dilain sisi, Khoriah S.Ag selaku guru agama islam mengatakan jika siswa sangat antusias dalam melaksanakan praktek manasik haji. Banyak juga dari mereka yang sudah bercita-cita untuk malaksanakan ibadah haji. 

"Saya berharap, kelak siswa diberikan kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan ibadah haji, amin," harapnya.  (Rizal)