Home Lampung Selatan Pendidikan

SMPN 2 Natar Gagas Sekolah Berbasis Lingkungan

1389
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Mewujudkan sekolah berbasis lingkungan, SMPN 2 Natar Lampung Selatan menggencarkan  Program Green School (Sekolah Hijau). 

Agus Tentiyono selaku pemimpin disekolah setempat menyatakan, agar pogram green School yang digagasnya tersebut berjalan secara berkesinambungan. Ia memulai misinya dengan menunjuk dewan guru yang memahami konsep bercocok tanam sebagai promotor utama.  Sehingga guru tersebut dapat secara langsung menanamkan nilai orientasi kepada peserta didik di SMPN 2 Natar. 

Lebih gamblang Agus mengatakan, program green School  tersebut memiliki tujuan untuk mengedukasi peserta didik sejak dini. Agar muncul rasa kepeduliannya terhadap lingkungan, menjaga ekosistem dan tidak memiliki sikap yang apatis.
 
“Program green School yang kami gagas sudah terlaksana sejak bulan Februari lalu, kami memulainya dengan penataan ruang-ruang kosong yang ada di sekolah dan melakukan penanaman menggunakan media tanam  polibek non organik. Selanjutnya dewan guru bersama-sama dengan peserta didik melakukan tanam pohon, sayur mayur (tomat, terong, cabai, kangkung, loncang) dan tanaman obat keluarga (toga), hingga  sekolah menjadi lebih hijau dan berdaya guna," ungkapnya. 

Terpisah, Haryono selaku wakil kepala sekolah menyatakan selain berupaya mewujudkan program green school. SMPN 2 Natar juga memiliki program bakti sosial yang dilaksanakan setiap tanggal 25 November, program tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian warga sekolah kepada masyarakat sekitar. 

Selanjutnya haryono juga mengatakan, SMPN 2 Natar juga berhasil memberikan torehan presetasi yang gemilang seperti  juara umum lomba Pramuka tahun 2018, juara atletik, futsal, volibal ditingkat Kecamatan  dan tahun 2020 berhasil mendapatkan juara 2 dan 3 di kejuaraan jelajah alam.

“Patah tumbuh hilang berganti, sebelum patah sudah tumbuh, sebelum hilang sudah berganti. Tentu kami para pendidik disekolah ini berharap, agar nilai-nilai orientasi dan edukasi yang kami ajarkan kelak dapat  berguna dipahami dan dapat di implementasikan secara baik oleh peserta didik , peserta didik inilah kelak yang akan menjadi generasi penerus bangsa dan menjadi penentu kemajuan Indonesia kelak,” jelasnya. (FZ)