Home Tulang Bawang Politik

Soal KTP Warga, Sofyan Nur: KTP Bukan Dasar Hak Suara dan Juga Tidak Kehilangan Hak Suara

97
0
SHARE
Foto: dok HandalNews.id

HandalNews.id, PANARAGAN - Menjelang Pemilihan Kepala Tiyuh SE Kabupaten Tulang Bawang Barat mendatang, Sofyan Nur mantan Kabag Hukum Tubaba menerangkan bahwa KTP bukanlah satu-satunya dasar kepemilikan hak suara pada saat pemilihan kepala tiyuh di suatu wilayah namun tidak juga warga akan kehilangan hak suara. 


Maksudnya adalah pada saat pemilihan kepala tiyuh digelar ada warga yang merantau atau tinggal di luar wilayah pemilihan lebih dari Enam bulan berturut-turut maka tidak berhak untuk memilih. Begitu sebaliknya apabila ada warga yang tinggal di suatu wilayah pemilihan kepala tiyuh selama Enam bulan berturut-turut maka warga tersebut memiliki hak untuk memilih dengan dibuktikan surat keterangan domisili yang diketahui oleh pamong setempat.


Tempat terpisah, Ashari mengharapkan agar pemilihan kepala tiyuh mendatang untuk memperketat Prokes pada saat pemilihan. Dia juga menjelaskan bahwa anggaran pemilihan kepala tiyuh bersumber dari APBT masing-masing tiyuh dan akan dibantu oleh anggaran bantuan keuangan dari Pemda sesuai dengan jumlah mata pilih masing-masing tiyuh. Diketahui ada 69 tiyuh (desa) yang akan mengikuti pemilihan kepala desa di masing-masing wilayah kecamatan.


Adapun tiyuh yang dimaksud adalah Kecamatan Tumijajar ada Empat tiyuh yakni Tiyuh Margo mulyo, Tiyuh Gunung Timbul, Tiyuh Murni jaya dan Tiyuh Margo dadi.


Kecamatan Tulang Bawang Tengah terdiri dari 11 Tiyuh yakni Tiyuh Penumangan Lama, Tiyuh Tirta kencana,Tiyuh Candra Kencana,Tiyuh Wonokerto, Tiyuh Tirta makmur, Tiyuh Candra Mukti, Tiyuh Candra jaya, Tiyuh Panaragan Jaya Indah, Tiyuh Panaragan Jaya Utama, Tiyuh Mulya Jaya, Tiyuh Tunas Asri.


Kecamatan Tulang Bawang Udik terdiri dari Delapan Tiyuh yakni Tiyuh Karta, Tiyuh Karta Sari, Tiyuh Karta raharja, Tiyuh Gunung Katun Malay,Tiyuh Gedung ratu, Tiyuh Kagungan Ratu, Tiyuh Marga Kencana, Tiyuh Way sido.


Kecamatan Pagar Dewa tersiri dari Enam Tiyuh yakni Tiyuh Pagar dewa suka mulya, Pagar Dewa, Cahyo randu, Bojong dewa, Bujung sari marga, Marga jaya indah.


Kecamatan Lambu Kibang Delapan Tiyuh (Kibang Bumi Jaya, Sumber Rejo, Kibang Tri Jaya, Mekar Sari Jaya, Lesung Bakti Jaya, Gilang Tunggal Makarta, Kibang Mulya Jaya, Kibang Yekti Jaya). Kecamatan Gunung Agung 11 Tiyuh (Tunas Jaya, Suka Jaya, Marga Jaya, Mulya Jaya, Mekar Jaya, Tri Tunggal Jaya, Sumber Rejeki, Dwi Kora Jaya, Wonorejo, Mulya Sari, Sumber Jaya).


Selain itu, Kecamatan Gunung Terang Sembilan Tiyuh (Gunung Terang, Gunung Agung, Toto Mulyo, Terang Mulya, Kagungan Jaya, Terang Bumi Agung, Setia Agung, Mulya Jadi, Terang Makmur). Kecamatan Way Kenanga 7 Tiyuh (Balam Jaya, Agung Jaya, Pagar Buana, Mercu Buana, Indraloka Mukti, Indraloka Jaya, Balam Sari). Dan terakhir Kecamatan Batu Putih 5 Tiyuh (Panca Marga, Sido Makmur, Margo Dadi, Mulyo Sari, Toto Makmur). (Jaz)