Home Lampung Tengah Pariwara

Sonjaya Layak Di Apresiasi DD Margo Lestari, Untuk Penanganan Covid-19 Dan Infrastruktur

41
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamteng - Realisasi Dana Desa ( DD ) tahun 2020 Desa Margo Lestari, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, dialokasikan untuk pencegahan penularan virus Covid 19 dan kegiatan pembangunan infrastruktur. Hal tersebut dikatakan oleh Sonjaya, selaku kepala kampung setempat, ketikan ditemui di kantornya pekan lalu. 

Sonjaya mengatakan, Dalam upaya memutus mata rantai penularan virus Corona, Pemerintah Desa Margo Lestari telah melakukan berbagai upaya seperti melakukan penyemprotan desinfektan, pembagian masker, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD. 

Dia menjelaskan, untuk penyemprotan Desinfektan dilakukan di seluruh wilayah desa seperti di Masjid, di Pasar, di rumah - rumah warga, di pintu masuk atau pintu gerbang desa, dan di tempat-tempat keramaian lainnya. 

Untuk pembagian masker katanya, diberikan langsung kepada seluruh masyarakat, pembagian masker tersebut dilakukan oleh Aparatur Pemerintah desa Relawan Covid-19 beserta Babinsa dan Babinkamtibmas. 

Selain itu, lanjutnya, masyarakat Desa Margo Lestari juga menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, sebesar Rp 600 ribu selama tiga bulan. 

"Sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat dan daerah, kami dari Pemerintah Desa Margo Lestari, mengalokasikan anggaran DD sebesar Rp 600 ribu selama tiga bulan terhadapat masyarakat yang memang berhak menerimanya, seperti penduduk miskin yang belom menerima bantuan apa pun, atau masyarakat yang mata pencariannya hilang akibat di pandemi Corona Virus (covid-19), artinya tidak semua masyarkat dapat, semua musti sesuai dengan data yang ada," jelasnya terhadap awak media ini. 

Selain digunakan untuk penanganan Virus Corona, anggaran Dana Desa, juga  dialokasikan untuk berbagai macam kegiatan pembangunan infrastruktur, seperti pembanguna rabat beton, dan pembanguan lainya.

"Alhamdulilah meskipun anggaran dipecah ke penanganan Virus Corona, kampung kita tetap bisa membangun infrastruktur.

Menurutnya, infrastruktur merupakan salah satu kebutuhan yang cukup mendasar dalam menunjang kemajuan suatu wilayah, baik di kampung atau di kota, dengan infrastruktur atau sarana prasarana yang baik maka majunya perekonomian akan cepat untuk dicapai.

Dia mencontohkan, seperti infrasturktur jalan, jika jalanya bagus maka masyarakat yang beraktifitas akan lebih mudah dan lebih cepat dengan begitu maka perekonomian akan tumbuh dengan baik tetapi kalau jalanya tidak baik maka tidak bisa dipungkiri akan menghambat aspek-aspek lainya. 

"Saya berharap kepada masyarakat, agar sama-sama menjaga kesehatan da mengikuti semua anjuran dari pemerintah agar terhindar dari virus Corona, walaupun Lampung Selatan sudah memakai sistem new normal," harapnya.  (Rizal)