Home Lampung Selatan Pemerintahan Daerah

Sosok Nanang Ermanto Jilid II : Peningkatan Mutu Pendidikan Lamsel

135
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Selatan - Semenjak Nanang Ermanto menjabat sebagai Bupati Kabupaten Lampung Selatan, peningkatan mutu pendidikan dari tingkat SD dan SMP terus menjadi prioritas. Dengan melibatkan Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan menjadi salah satu cara efektip bagi dirinya sebagai kepala Daerah dalam mewujudkan cita-cita mulia tersebut.

Maka tak hayal sering kali Nanang Hermanto mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu turut serta memberikan perhatian khusus kepada dunia pendidikan,karena hal tersebut sangat penting demi kemajuan suatu daerah.

Dirinya juga sangat Berperan aktif dalam diskusi mengenai sekolah dan pembinaan sekolah di lingkungan masing-masing bersama masyarakat, sehingga Dengan itu penyebaran pesan-pesan mengenai pentingnya menyelesaikan pendidikan dasar sembilan tahun akan diterima.

Nanang juga sangat aktif dalam Melakukan dialog dengan pejabat pemerintah setempat, itu bertujuan agar mereka lebih peduli atas kebutuhan-kebutuhan sekolah, baik secara perorangan maupun kelompok (organisasi).

Dengan apa yang dilakukan Nanang secara tidak langsung akan banyak melahirkan generasi penerus bangsa yang berprestasi, dan saat ini hampir diseluruh sekolah yang ada dikabupaten setempat,potensi-potensi tersebut sudah mulai kelihatan.

Apalagi yangb dilakukan oleh Nanang sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomer 044/U/2002 Tentang Komite Sekolah dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, menegaskan secara eksplisit kewenangan daerah mengelola bidang pendidikan. Momentum ini secara simultan dan imanen, daerah harus memberdayakan diri serta beradaptasi dengan paradigma baru pengelolaan pendidikan yang menekankan pada partisipasi aktif dan terbuka pada masyarakat mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan maupun kontrol proses serta hasil mutu pendidikan. Penulisan bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menaganalisis usahausaha yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah; keterlibatan masyarakat dalam menyusun program kerja sekolah; partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu sekolah; partisipasi masyarakat dalam melaksanakan evaluasi program kerja (DIASTUTI)