Home Lampung Tengah Ekonomi

Supriyanto : Pasar BJP Adalah Indikator Tingkat Perekonomian Masyarakat 

74
0
SHARE
Foto: dok HandalNews.id

HandalNews.id, Lampung Tengah - Pasar Bandarjaya Plaza (BJP) adalah indikator, untuk melihat tingkat perkembangan ekonomi masyarakat Lampung Tengah (Lamteng) dan daerah sekitarnya. 

 
"Pasar Bandarjaya Plaza juga bisa menjadi indikator, bagi lesu atau dinamisnya perekonomian di Kabupaten Lampung Tengah dan daerah sekitarnya," ujar seorang pengamat pembangunan daerah, Drs. Supriyanto, Jum'at (21/5/2021). 
 
Ditambahkannya, untuk melihat kemajuan suatu daerah, juga dapat dilihat dari perkembangan pasar di daerah itu sendiri, sebab pasar merupakan jantung perekonomian suatu daerah, karena banyak pihak yg menggantungkan kehidupannya pada kegiatan pasar. 
 
Dengan letak posisi yang strategis, pasar Bandarjaya merupakan modal utama, bagi pertumbuhan proses distribusi barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Memudahkan konsumen dari daerah sekitar, untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan, tanpa harus jauh-jauh ke luar daerah. 
 
"Pasar ini kan jadi salah satu pasar penyengga daerah sekitarnya, seperti Kabupaten Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Mesuji, Lampung Utara, Way Kanan Lampung Barat sampai ke Pesisir Barat," jelasnya. 
 
Peluang ini yang harus dibaca dan di petakan oleh pemerintah daerah, untuk pengembagan dan pengelolaan Pasar Bandarjaya ke depan, agar menjadi sumber pendapatan daerah yg signifikan, sehingga perekonomian masyarakat dalam dan luar daerah dapat sama-sama maju. 
 
Sehingga fokus pengelolaan dan pengembangan pasar, bukan hanya untuk peningkatan salar dan retribusi saja, tapi banyak hal yang jadi perhatian secara menyeluruh. Pemerintah daerah diuntungkan dengan masuknya PAD, masyarakat dapat meraih untung dengan menjual barang dan jasa. 
 
"Sementara pengunjung dan masyarakat sekitar, juga memporoleh lebih banyak lagi keuntungan, yaitu biasa ongkos yang kecil, kemajuan pembangunan daerah dan sarana hiburan tanpa biaya tambahan," urai Supri. 
 
Dengan sendirinya, pasar jadi sebagai sumber PAD, juga kemajuan masyarakat ekonomi kecil dan menengah. Kata kuncinya, Pasar BJP harus dikelola dengan manajemen yang benar dan profesional, oleh perusahaan yang berpengalaman, bermodal dan memiliki visi pembangunan daerah. 
 
"Jangan jadikan pasar hanya untuk sekedar cari duit recehan, wujudkan performan pasar modern yang bersih, rapih aman dan nyaman," pungkas Supriyanto. (Gun)