Home Lampung Tengah Politik

Susmanto Perkuat Infrastruktur Kampung Kusumajaya

27
0
SHARE

Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamteng - Melalui kucuran Dana Desa (DD), Penjabat Kepala Kampung Kusuma Jaya Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah, Susmanto memanfaatkan untuk meningkatkan dan memperbaiki sejumlah fasilitas infrastruktur.

Kepada media Susmanto menjelang jika dirinya dan perangkat kampung bersama masyarakat Kusuma Jaya telah bermufakat jika Dana Desa tahun 2019 akan direalisasikan untuk merehabilitasi pembangunan gedung TK, Lapen, Onderlah Jalan dan Talud.

"Jika dalam merealisasikan pembangunan yang menggunakan Dana Desa, saya berupaya agar hasil pekerjaan yang dilaksanakan bisa bertahan lama, dan kita utamakan kualitasnya dahulu. Supaya hasil pembangunan yang dilaksanakan bisa bertahan,” ujarnya.

Semua kerjaan katanya, sangat berhati-hati supaya hasil nya memuaskan dan bertahan lama. Sedangkan untuk bahan matrial, pihaknya menggunakan matrial kelas wahid, tidak mau gegabah dan menyalahi aturan yang telah di tetap kan pemerintah.

"Semua pekerjaan hampir rampung  harapan kami dana termin ke tiga segera cair biar semua kerjaan selesai," jelasnya.
 
Bagi Kusmanto, Dana Desa merupakan program bantuan dari pemerintah pusat agar terjadi pemerataan pembangunan di wilayah Indonesia khususnya wilayah pedesaan.

“Program ini tujuan sangat membantu masyarakat. Jadi kita tidak berani main-main,” imbuh Kusmanto.

Dia juga menghimbau kepada seluruh perangkat Kampung Kusuma Jaya agar bersikap transparan dalam pengelolaan Dana Desa. Agar tidak terjadi kesalahpahaman dan gagal komunikasi diantara masyarakat.

“Saya selalu Pejabat kepala kampung menekankan agar setiap perangkat Kampung Kusuma Jaya bersikap terbuka dan transparan terhadap penggunaan Dana Desa. Karena setiap Rupiahnya harus dipertanggungjawabkan. Jadi tidak ada yang ditutupi dalam pengelolaannya,” tukas dia.

Terkait dengan tenaga kerja, Kusmanto mengungkapkan jika semua pekerjaan yang menggunakan Dana Desa dilaksanakan oleh masyarakat kampung banyak juga yang paham dengan konstruksi. Jadi tidak usah cari keluar segala.

"Dengan menggunakan tenaga masyarakat kampung sendiri, sekaligus akan menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan diantara masyarakat. Gotong-royong diantara masyarakat itu juga salah satu bentuk daripada silaturahmi yang baik manfaatnya,” tambahnya.

"Dan saya berharap agar setiap masyarakat Kampung Kusuma Jaya bisa bersama-sama dalam menjaga dan merawat hasil pembangunan yang sudah dilaksanakan agar bisa dinikmati dalam waktu yang lama hingga ke anak-cucu," pungkasnya.  (Iron Guna)