Home Lampung Tengah Pendidikan

Tarik Minat Siswa, SMKN 1 Terbanggibesar Genjot Kegiatan Ekskul

251
0
SHARE
Kepala SMKN 1 Terbanggibesar, Hariyadi Brahim, S. Pd., M. M.Pd., (Foto dok: Handalnews.id)

Handalnews.id, Lampung Tengah - Salah satu upaya untuk menarik minat siswa dan masyarakat, untuk bersekolah di SMKN 1 Terbanggibesar, Lampung Tengah (Lamteng), pihak sekolah ini menggenjot melalui kegiatan ekstra kurikuler (Ekskul).

Dikatakan Kepala SMKN 1 Terbanggibesar, Hariyadi Brahim, S. Pd., M. M.Pd., saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/7/2019), ia berharap dengan menggiatkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler di sekolah ini, mampu mendongkrak minat calon siswa dan masyarakat untuk bersekolah disini.

Selain itu, imbuh Hariyadi lagi, selain menggiatkan ekskul diluar jam belajar, juga meningkatkan mutu pembelajaran. Kegiatan ekskul yang ada di sekolah ini, seperti kegiatan Pramuka, bela diri serta kerohanian dan islam (Rohis).

"Selain meningkatkan mutu pembelajaran didalam kelas, kegiatan diluar jam belajar juga akan lebih kita tingkatkan. Dari sini kita dapat mengembalikan animo masyarakat, untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah kita," ujarnya.

Ditambahkan Hariyadi, pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 lalu, sekolah ini menerima sebanyak 230 anak, yang terbagi dalam 9 rombong belajar (Rombel). Jumlah ini mengalami sedikit penurunan, dari PPDB tahun sebelumnya.

Saat ini jumlah keseluruhan siswa, terdiri dari kelas X, XI dan XII, sebanyak 782 siswa, yang terbagi dalam 27 rombel. Pada sekolah ini memiliki 4 jurusan akademik, yaitu Otomasi Perkantoran, Akuntansi, During dan Ritail (pemasaran), dan Telekomunikasi.

"Dari keempat jurusan tersebut, yang paling diminati siswa, adalah jurusan akuntansi. Dan kegiatan ekskul seperti Rohis, diisi dengan sholat Dhuha, mengaji Alquran, belajar berpidato (ceramah agama)," jelas Hariyadi.

Efektif jam belajar mengajar hanya 5 hari kerja, yaitu hari Senin-Jum'at, sementara khusus untuk hari Sabtu diisi dengan kegiatan ekstra kurikuler.

Kiat membangun minat atau animo masyarakat, untuk menyekolahkan anaknya di sekolah ini, yaitu dengan cara menjaga kualitas dan mutu pendidikan, dan menggiatkan kegiatan ekskul. (Gun)