Home Lampung Selatan Hukum

Terbukti Korupsi Lampu Jalan di Natar, Dua ASN Lamsel ditahan Kejari Kalianda

159
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Selatan -- Kejaksaan Negeri Kalianda menahan dua aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Perumahan dan Pemukiman Lampung Selatan serta PPK, karena diduga korupsi pengadaan dan pemasangan lampu jalan di Natar tahun 2016 silam. Ada pun keduanya yakni Sekretaris Dinas berinisial TP dan PPK berinisial LI.

Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Selatan Dwi Astuti Beniyati mengatakan, setelah ditetapkan sebagai tahanan, kedua tersangka ini kemudian dititipkan di Sel Mapolsek Kalianda. Atas perbuatan keduanya ini, kerugian negara mencapai Rp247 juta.

"Dalam perkara ini, TP jug berstatus sebagai pemilik paket yang dikerjakan dengan meminjam perusahaan orang lain, sedangkan LI saat itu sebagai PPK. Dalam proyek tersebut, total nilai pagu dalam kegiatannya mencapai Rp977 juta," katanya.

Dalam kasus ini, perkaranya pada pemasangan lampu sebanyak 70 unit, dimana watt lampu yang dipasang lebih kecil dari ukuran dalam proyek. Semestinya 250 watt yang dipasang, namun pada kenyataannya hanya 50 watt.

"Selain itu, pemasangan kabel yang semestinya ditanam di bawah tanah, mereka memasangnya dengan cata digantung di atas. Penahanan TP dan LI ini, setelah ada pelimpahan perkara dari tim penyidik kejaksaan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pidana Khusus (Pidsus)," ujarnya.

Sebelumnya Kejari Kalianda telah menetapkan dua tersangka, dalam kasus dugaan korupsi pada pengadaan dan pemasangan lampu penerangan jalan di wilayah Kecamatan Natar pada tahun 2016 lalu di Dinas Perumahan dan Pemukiman Lampung Selatan pada 10 Februari lalu. Kasus dugaan korupsi ini, pada kegiatan pemeliharan dan pemasangan LPJU di wilayah Kecamatan Natar tahun 2016 ini memiliki pagu anggaran Rp977,9 juta lebih.(Rizal)