Home Lampung Tengah Pendidikan

Terkait KBM Tatap Muka, Kadisdik Lamteng Serahkan Kepada Pihak Sekolah

124
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Terkait proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka, pada Januari 2021, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Lampung Tengah (Lamteng), H. Syarif Kusen menyampaikan, pihaknya menyerahkan kebijakan kepada masing-masing sekolah. 

"Ya mestinya pada awal Januari 2021 ini, sekolah sudah bisa melaksanakan kegiatan belajar tatap muka. Tapi tidak bisa kita paksakan, silahkan masing-masing sekolah menentukan sikap, adakan musyawarah dengan para wali murid, dan melihat kondisi status wilayah setempat," ujarnya beberapa waktu lalu. 

Ditambahkannya, pentingnya musyawarah dengan para wali murid, untuk memberikan pehaman tentang kondisi saat ini, dan mencari solusi atau kesepakatan bersama, apakah sekolah sudah bisa melaksanakan KBM tatap muka atau belum, terkait masa pandemi Covid-19. 

Bila memang bisa dilaksanakan KBM tatap muka, tetap harus mengikuti dan mematuhi Protokol Kesehatan, sekolah menyediakan air dan sabun untuk cuci tangan, guru dan siswa memakai masker, dan siswa harus selalu jaga jarak aman. 

"Protokol Kesehatan mutlak dilaksanakan, kalau sebelumnya satu kelas berisi 30 siswa, maka harus dibagi menjadi dua ruangan, yaitu maksimal 15 siswa per kelas. Hal ini penting, agar tidak terjadi desak-desakan antar siswa," jelas Kusen. 

Khusus untuk wilayah kecamatan yang dinyatakan zona merah, maka tidak diperkenankan untuk melakukan KBM tatap muka, sampai ada keputusan selanjutnya dari pemerintah. Baik pihak sekolah ataupun wali murid, tidak boleh mengambil atau menentukan kebijakan sendiri, walaupun sudah melakukan musyawarah. 

"Khusus untuk wilayah atau kecamatan yang dinyatakan zona merah, maka pihak sekolah dan wali murid diminta menahan diri, jangan memaksakan kehendak," tegas Kusen lagi. (Gun)