Home Tulang Bawang Hukum

Terkait Penanganan Kasus dugaan Korupsi di Kabupaten Tulang Bawang Dinas Pendidikan "Kinerja Penegak Hukum dipertanyakan"

144
0
SHARE
Fhoto dok : ilustrasi handalnews.id

Handalnews.id, Tulang Bawang - Kabupaten Tulang Bawang Berindukan Kota Menggala Adalah salah salah satu kabupaten Tua, yang di Resmikan Oleh Provinsi Lampung pada tanggal 20 Maret 1997.

Berdasarkan Tuntutan masyarakat akan tegaknya sistem pemerintahan yang baik dan bersih sangat ditentukan oleh ada tidaknya suatu pelayanan yang dapat memuaskan kepentingan dan kebutuhan masyarakat. Sebagaimana tujuan Negara tertera dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 menegaskan bahwa penyelenggaraan Negara dan pemerintahan semata-mata untuk menciptakan masyarakat sejahtera adil dan makmur.

Namun sangat di sayangkan, Hasil penelitan menunjukkan bahwa pelaksanaan fungsi pelayanan pemerintah secara khusus dalam pembangunan jalan, pembangunan sarana pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Tulang Bawang Kurang Baik. Seperti Mengacu pada undang-undang No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional fungsi pendidikan yaitu Pasal 3 yang menyatakan bahwa’’Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,bertujuan untuk berkembang, khususnya di Kabupaten Tulang Bawang yang memiliki Motto : “Sai Bumi Nengah Nyappur” akan menjadi Angan-angan Masyarakat disana.

Pasalnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang di Kucurkan oleh Pemerintah Daerah, dengan Total Pagu, baik APBD dan Kegiyatan Swakelola senilai Rp 45.341.000.000.-
Untuk mendanai kegiyatan Total 313 Paket Proyek. kegiatan sangat rentan dengan indikasi Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Selain santernya adanya indikasi Korupsi, Mark-up seperti kegiyatan Belanja Penyedia Kegiatan Pelayanan Administrasi Perkantoran yang menelan anggaran senila Rp1.379.637.687, Hingga melakukan Manipulasi data sisiwa penerima Bantuan
Pemberiyan Susu UHT sebanyak 8,569 siswa.

Maraknya dugaan KKN di Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang memang harus memaksa integritas para aparat penegak hukum. Sebab, jika penegak hukum di Kabupaten Setempat serius memberantas korupsi, pastinya indikasi yang ada di Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang akan menjadi prioritas utama. (Red)