Home Pesawaran Kesehatan

Tingkatkan Pelayanan Puskesmas Hanura, Lakukan Re-Akreditasi

361
0
SHARE

Poto Dok: Handalnews.id

Handalnews.id, Pesawaran - Guna menunjang dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Hanura, Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran lakukan Re-Akreditasi.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Harun Tri Joko, Rabu (28/8/19) di Aula Puskesmas Hanura.

“Tahun 2016 yang lalu Puskesmas Hanura sudah terakreditasi Madya, hari ini dilakukan penilaian oleh tim dari pusat untuk di re-akreditasi, harapan saya akreditasinya bisa naik menjadi paripurna atau sekurang-kurangnya utama,” ujarnya.

Dijelaskan, tujuan re-akreditasi ini adalah untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat agar Puskesmas Hanura dapat melayani dengan maksimal.

“Kalau tidak terakreditasi, Puskesmas tidak bisa melayani pasien BPJS karena sudah menjadi regulasinya, lebih lanjut agar Puskesmas bisa bekerja sama dengan rumah sakit jika ada pasien yang harus dirujuk,” jelasnya.

“Sesuai Permenkes nomor 56, re-akreditasi dilakukan 3 tahun sekali dan ditahun ini ada 4 Puskesmas di Pesawaran yang melakukan re-akreditasi,” timpalnya.

Harun menegaskan, peningkatan pelayanan di setiap Puskesmas harus dilakukan bersama-sama, karena kata dia, akreditasi tidak didapatkan dengan mudah.

“Banyak faktor yang dijadikan acuan untuk mendapatkan akreditasi, SDM nya, sumber pembiayaan, material (alkes) dan banyak lagi,” tandasnya.

Diketahui, tahun 2019 ada 4 Puskesmas di Pesawaran yang melakukan re-akreditasi yaitu Puskesmas Gedongtataan, Puskesmas Kalirejo, Puskesmas Roworejo, dan Puskesmas Hanura.  (Ismail)