Home Pesawaran Hukum

Tokoh Masyarakat Pertanyakan Mandeknya Penyidikan Bangunan Lantai I RSUD Pesawaran

610
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Pesawaran - Tokoh masyarakat Kabupaten Pesawaran dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) meminta Penyidik Krimsus Polda Lampung mengusut tuntas kasus dugaan korupsi bangunan di RSUD Kabupaten Pesawaran.


Hal itu terkait tidak adanya lanjutan pengusutan bangunan lantai I RSUD Pesawaran yang ditangani penyidik krimsus Polda Lampung sementara lantai II dan lantai II telah ditetapkan tiga orang tersangkanya.

Tokoh masyarakat sekaligus selaku penasehat PWI Pesawaran,  Erlan Soffandi mengatakan agar penyidik krimsus Polda Lampung, mengusut tuntas dugaan korupsi RSUD Pesawaran khususnya bangunan lantai I RSUD Pesawaran.

"Semetinya penyidik tidak tebang pilih, semua carut marut pembangunan RSUD Pesawaran harus diusut tuntas, kenapa hanya lantai II dan lantai III ditetapkan tersangkanya, ada apa dengan bangunan lantai I nya," kata Erlan Syofandi, Selasa, (4/2/2020).

Dia menjelaskan, bahwa bangunan RSUD Pesawaran khususnya lantai I, bermasalah dan bahkan telah mengalami kerusakan bagian tembok dan plafonnya sebelum bangunan itu difungsikan atau digunakan.

"Kami mewakili tokoh masyarakat dan media meminta kepada pihak penyidik Polda Lampung agar kasus bangunan RSUD Pesawaran khusus nya bangunan lantai I agar diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," ujarnya.

Untuk diketahui, bangunan RSUD Pesawaran, lantai I di bangun PT Mita Utama Prima, sebagai pemenang tender dengan konsultan pengawas CV Mada Nusa, sumber dana APBD 2016 Kabupaten Pesa waran senilai Rp11,041,141,400 miliar.
Diberitakan sebelumnya,  belum juga difungsikan, lantai I RSUD Kabupaten Pesawaran yang dibangun pada 2016, mulai rusak. Pantauan handalnews.id  pada Selasa (30/5/2017), tembok retak dan plafon bocor.

Pejabat pembuat komitmen, Mahendra SD, mengaku akan segera menegur rekanan untuk memperbaiki beberapa bagian bangunan yang rusak. "Kami akan tegur rekanan. Saat ini masih dalam tahap pemeliharaan," beberapa waktu lalu.

Sementara itu, pengawas lapangan pembangunan lantai I RSUD Pesawaran, Mursalin,  mengatakan akan segera melaporkan kerusakan tersebut kepada rekanan.

"Segera saya sampaikan kepada rekanan agar segera diperbaiki," kata dia.

Plt Direktur RSUD Pesawaran,Yasmin, mengatakan bahwa pihaknya telah melayangkan surat  dengan tembusan ke Sekda Pesawaran.

"Sudah kami sampaikan kepada kadis PU agar bangunan itu segera difungsikan. Saya sudah dua kali menyurati dengan tembusan ke sejumlah satker," ujarnya. (Ismail)