Home Lampung Tengah Pendidikan

UNBK SMKN 2 Terbanggibesar Diawasi Ketat Tim Medis

94
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Selama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran (TP) 2019/2020, di SMKN 2 Terbanggibesar, Lampung Tengah (Lamteng), dalam pengawasan ketat oleh tim medis. 

Dikatakan Kepala SMKN 2 Terbanggibesar, Yos Devera, S.Pd., MM. saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/3/2020). Selama pelaksanaan ujian siswa kelas XII, terus dalam pengawasan petugas kesehatan, hal ini sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), tentang antisipasi awal. 

Juga sesuai Protokal dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Perihal Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2019/2020, Untuk Penanganan Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19). Dalam surat edaran tersebut, diatur tentang beberapa jenis standar penanganan atau pengawasan dini. 

Selain melibatkan dua orang petugas kesehatan dari Puskesmas Poncowati, Kecamatan Terbanggibesar, pihak sekolah juga diminta menyediakan beberapa sarana, seperti air bersih, sabun, hand sanitizer dan tisyue. Seluruh siswa diwajibkan bersih, dan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. 

"Sebagai langkah awal dan antisipasi, kami terapkan dan ikuti semua petunjuk sebagaimana tertera dalam surat edaran tersebut. Kami pastikan seluruh siswa masuk ruangan, telah dalam keadaan steril," jelas Yos Devera. 

Pada hari pertama UN, ada satu siswa yang tidak bisa mengikuti ujian, karena yang bersangkutan sedang sakit. Siswa tersebut telah mengajukan surat izin, dengan melampirkan surat keterangan dari dokter. Tetapi sakitnya bukan karena dugaan terjangkit Covid-19, namun sakit karena sebab lain. 

"Ya pada hari pertama UN, ada satu siswa yang tidak bisa mengikuti ujian, karena siswa tersebut sakit panas biasa. Dia (siswa) telah memberikan memberikan keterangan yang dilampiri surat keterangan dokter. Satu soal ujian yang belum diikutinya, nanti akan diikutkan dalam ujian susulan," jelas Yos. 

Ditambahkan Yos Devera, pada UN tahun ini di ikuti peserta sebanyak 420 siswa, yang terbagi dalam delapan ruang. Dengan diawasi oleh guru pengawas silang dari SMKN 1 Seputihagung, dan SMKN 1 Trimurjo. Dibantu juga oleh Petugas Teknisi dan Proktor (Pengawas Ruangan). 

Sama dengan sekolah lainnya, pada hari pertama siswa menghadapi soal ujian Bahasa Indonesia, hari kedua Mateika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan terakhir hari ke empat yaitu Teori Kejuruan, yang tentunya masing-masing siswa berbeda soal ujiannya, sesuai dengan Kopetensi Kejuruan. 

Untuk diketahui, di sekolah ini ada tujuh Kopetensi Kejuruan, yaitu Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Buisnis Konstruksi dan Properti, Disign Pemodelan dan Informatika Bangunan, Teknik Geomatika, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak. 

Berkaitan dengan libur serentak, untuk siswa kelas XII mulai libur pada 20 Maret - 04 April 2020, dan masuk kembali pada 06 April 2020 mendatang. Untuk kelas X dan XI telah libur lebih dulu, yaitu sejak 16-19 Maret 2020, karena kelas XII sedang ujian, yang dilanjutkan hingga 04 April 2020 mendatang. (Gun)