Home Pendidikan

UTB Lampung Gelar Kuliah Umum, Tantangan Global Pancasila

462
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Bandar Lampung - Universitas Tulang Bawang Lampung, menggelar Kuliah umum, tentang Tantangan Global Pancasila Sebagai Dasar Dan Ideologi Negara, bersama Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Hukum.

Dr. (Can) Bambang Suryadi, SH.MH, sebagai narasumber mengatakan, Pancasila yang telah ditetapkan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia dihadapkan pada banyaknya persoalan yang mendera bangsa Indonesia, terlebih dengan semakin cepatnya perkembangan zaman yang diimbangi oleh derasnya arus globalisasi.

"Pengaruh masuknya budaya asing di tengah kehidupan masyarakat Indonesia yang dikuti tanpa adanya penyaringan kaidah, merupakan salah satu penyebab semakin terkikisnya nilai-nilai Pancasila dan rasa nasionalisme bangsa Indonesia," jelasnya di Aula Universitas setempat, Sabtu (7/12/19).



Oleh sebab itu, kata Bambang yang juga anggota DPR RI Komisi V ini, Pancasila kemudian menjadi norma dasar dalam penyelenggaraan bernegara yang memiliki kedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum tertinggi, menjadi pandangan hidup bagi bangsa Indonesia, dan jiwa yang mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.

"Sebagai dasar negara, Pancasila menjadi norma dasar dalam penyelenggaraan bernegara, sekaligus menjadi sumber dari segala sumber hukum yang menjadi cita-cita bersama bangsa Indonesia," ujarnya.

Dia menambahkan, sebagai Ideologi atau pandangan hidup, nilai-nilai Pancasila merupakan pedoman dan pegangan dalam pembangunan bangsa dan negara, agar tetap berdiri kokoh dan mengetahui arah dalam memecahkan berbagai masalah.

"Seperti ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial-budaya dan lain sebagainya. Sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia, nilai-nilai Pancasila mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia," ucapnya.

"Sebab nilai dasarnya merupakan hasil kristalisasi dari nilai budaya bangsa Indonesia asli bukan diambil dari bangsa lain, yang mencerminkan garis pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia sepanjang masa," timpalnya.  (Ismail)