Home Lampung Selatan Pariwara

Validasi Data KPM BLT Dana Desa Bisa Berubah

202
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Jati Agung - Data hasil Validasi yang dilakukan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021, khususnya di wilayah Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, bisa saja berubah, hal tersebut dikatakan oleh Jhoni Irzal, S.Sos selaku camat setempat ketika di hubungi Via WhatsApp, Kamis (04/02/2021).

Iya mengatakan, data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan DD, bisa saja berubah, hal tersebut bisa terjadi apa bila terdapat masyarakat yang memang memenuhi sarat menerima bantuan namun belum masuk pada data penerima di Desa.

Namun, iya meneruskan, penambahan kuota KPM dapat terjadi apabila kuota di tiap desa masih ada. Atau pihak desa melakukan perubahan data penerima kembali sebelum Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) selesai dilakukan.

Iya menjelaskan, rangkaian kegiatan Validasi yang diselenggarakan antara lain pengusulan nama calon keluarga penerima Bantuan Langsung Tunai (KPM) dari masing-masing Kepala Desa, sinkronisasi data, surveilans, musyawarah hingga penetapan atau pengesahan calon penerima Bantuan Langsung Tunai Perdesaan ( BLT-DD) pada tahun 2021.

Dilain tempat, Trimulyono, selaku Kepala Desa Sumber Jaya, ketika di konfirmasi Via Whatsapp, (04/02/2021) mengatakan jika validasi data KPM bisa saja berubah, hal tersebut terjadi setelah musyawarah yang dilakukan oleh Kadus, RT dan perangkat desa lainnya sebelum Keputusan final saat Musdesus.

Ia mengatakan jika, untuk Desa sumber Jaya sediri terdapat 90 KPM namun data tersebut bisa saja berkurang.

"Untuk sementara ini validasi 90 finalnya nanti di musdesus mas, bisa berkurang LG dr 90 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021," ungkapnya.

Iya juga mengatakan jika pada tahun 2021, Keluarga Penerima Manfaat BLT DD akan menerima bantuan sebesar Rp. 300 ribu.

Dilain sisi, Daryanto selaku Kepala Desa Sinar Rejeki juga mengatakan jika Validasi Data KPM dapat saja berubah, sebelum keputusan pada Musdesus dilakukan. (Rzl)