Home Bandar Lampung Pemerintahan Daerah

Wakil Ketua III DPRD Lampung Ikuti Upacara HUT TNI ke-76 di Makorem 043/Gatam

54
0
SHARE
Foto dok: Rizal

BANDAR LAMPUNG (HANDALNEWS) Wakil Ketua III DPRD Provinsi Lampung, Ir. Raden Muhammad Ismail (RMI) bersama dengan Forkopimda Provinsi Lampung lainya mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76 secara virtual, yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara, di Halaman Makorem 043/Gatam, Bandar Lampung, Selasa Lalu.


Upacara HUT TNI ke-76 digelar secara terpusat di halaman Istana Merdeka, Jakarta, di lokasi upacara tampak hadir sejumlah pejabat negara, mulai dari Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto; Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo; Kepala Staf TNI dari tiga matra, serta menteri dari Kabinet Indonesia Maju. Perayaan HUT TNI kali ini digelar secara terbatas, serta senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam arahannya, atas nama rakyat, bangsa dan negara, Presiden Jokowi mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun TNI Ke-76.

”Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 TNI. Rakyat bangsa dan negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa dan keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi bangsa dan seluruh tumpah darah dari segala ancaman dan gangguan,” ujar Presiden Joko Widodo. 

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo mengatakan, sampai dengan hari ini bangsa Indonesia masih dalam bayang-bayang pandemi Covid 19, yang bila diibaratkan seperti perang, wabah Covid-19 merupakan perang yang sangat menguras tenaga, fikiran, mental dan semangat juang.

“Keberadaan kita dalam mengatasi situasi pandemi ini tidak terlepas dari peran besar TNI. TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setip penugasan, kemampuan perorang, kemampuan satuan dan pemanfaatan technologi maupun alutsista yang dikerahkan dalam setiap tugas yang diberikan,” urainya.

Ia berharap kesigapan TNI juga di aktifkan dalam menghadapi spectrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman cyber termasuk juga bencana alam.

Presiden juga menyampaikan dalam menghadapi spectrum ancaman yang semakin luas, transformasi pertahanan harus dilanjutkan, untuk menguatkan pondasi bagi pembentukan stabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan tecgnologi militer terkini, Sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi perkuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di linggkungan strategis, regional maupun global.

Dalam kesempatan itu, RMI ketika diwawancarai mengucapkan, dirgahayu TNI ke-76, semoga TNI semakin profesional, militan dan senantiasa mengawal Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menuju Indonesia Berjaya. 

Ia juga mengucapkan selamat kepada seluruh anggota TNI dimanapun berada. “Selamat untuk seluruh anggota TNI dimanapun berada, baik yang ada di NKRI atau yang sedang bertugas di belahan dunia lain,” katanya. Semoga di HUT TNI ke 76, RMI meneruskan, Negara Indonesia dapat lebih aman, damai dan rakyat Indonesia menjadi lebih Sejahtera. (Rizal)