Home Lampung Tengah Pendidikan

Yos Devera : Lomba LKS Untuk Meningkatkan Daya Saing Siswa

261
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Lampung Tengah (Lamteng), Yos Devera, S.Pd., MM. berharap, melalui Lomba Kopetensi Siswa (LKS), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Sain dan Seni Nasional (FL2SN), tingkat Kabupaten Lamteng 2020, diharapkan dapat mengasah daya saing siswa. 

Hal ini disampaikan Yos Devera kepada sejumlah awak media, disela-sela pembukaan kegiatan lomba LKS, yang berlangsung di lapangan merdeka SMKN 2 Terbanggibesar, Lamteng, Senin (20/1/2020). 

"Ya, lomba ini untuk mengasah kompetisi dan meningkatkan daya saing siswa, sebagai modal untuk siswa kedepan, mampu mandiri, serta siap bersaing menghadapi tantangan dunia usaha kedepan," ujarnya. 

Ditambahkan Yos, lomba LKS yang berlangsung selama tiga hari,  Senin-Rabu (20-22/1/2020), diikuti sekitar 73 SMK negeri dan swasta. Lokasi lomba terbagi dibeberapa lokasi, yaitu SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, SMK Utama Global Madani, Kecamatan Terbanggi besar. Serta ada juga lomba yang dilaksanakan di SMKN 1 Seputihagung. 

Hadir dalam pembukaan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, Sulfakar, Camat Terbanggibesar, Fathul Arifin, para Kepala Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Terbanggibesar, seluruh Kepala SMK dan SMA, dewan guru dan siswa. 

Dalam sambutannya Kadisdik Provinsi Lampung, Dre. Sulpakar, MM. menyampaikan, dirinya bangga dengan adanya kegiatan tersebut, karena kegiatan lomba LKS seperti ini, diharapkan dapat menumbuhkan jiwa bersaing, mandiri dan bertanggung jawab serta percaya diri. 

Diharapkan melalui kreaivitas sesuai kemampuan masing-masing siswa, dapat menjadi modal untuk menghadapi dunia usaha. Sulpakar juga berharap, seluruh kepala sekolah yang ada di Lamteng, untuk semangat mempersiapkan siswanya, agar menjadi lulusan terbaik yang siap bekerja. 

"Saya berharap, seluruh kepala sekolah untuk terus memajukan sekolahnya dan mempersiapkan siswa, agar mampu bersaing dan siap menghadapi tantangan dunia usaha kedepan," harapnya. 

Perlu saya sampaikan, imbuh Sulpakar, agar kepala sekolah tidak takut dan ragu dalam berbuat, untuk mengembangkan kreativitas siswa tentu dibutuhkan biaya, karenanya ia tidak melarang sekolah memungut iuran komite, sepanjang tidak memberatkan orang tua siswa dan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Lomba yang diadakan di SMKN 1 Seputihagung diantaranya Teknik Pengelasan, Otomotif Kendaraan Ringan dan Sepeda Motor. Bidang Kesehatan dan Keperawatan diadakan di SMK Utama Global Madani. Bidang Akuntansi, Pemasaran dan Perkantoran diadakan di SMKN 1 Terbanggibesar. 

Bidang Elektronik dan Seni diadakan di SMK Negeri 3 Terbanggibesar. Sementara beberapa bidang lainnya, seperti Olah raga seperti silat, volly bal dan bulu tangkis diadakan di SMKN 2 Terbanggibesar. 

Pantauan di lapangan, hingga hari kedua lomba LKS tingkat Kabupaten Lamteng, Selasa (21/1/2020), seluruh siswa peserta masih tetap semangat, kegiatan yang diadakan di beberapa lokasi juga berjalan aman, sejuk dan kondusif. (Gun)